Stasiun Besar Tanjung Karang (+96)



Stasiun Tanjung Karang tahun 2012 kebawah (Wikipedia)
Hai sahabat railfans, kali ini admin akan membahas stasiun besar yang ada di Bandar Lampung, yaitu stasiun Tanjung Karang. Cekidot…


TNK tempo dulu (sumber: twitter)

Stasiun Tanjung Karang merupakan stasiun KA kelas 1 yang merupakan stasiun pemberangkatan dan tujuan akhir KA penumpang di Provinsi Lampung. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun dalam jalur kereta api yang menghubungkan Kota Bandar Lampung dengan Kota Palembang, Sumatera Selatan. Stasiun berketinggian +96 m ini merupakan pusat Sub Divisi Regional III.2 Tanjungkarang.
rangkaian KA Limex di dipo kereta TNK
KA penumpang yang saat ini beroperasi dari stasium Tanjungkarang adalah KA Limex Sriwijaya (eksekutif dan bisnis) berangkat jam 20.00 WIB tujuan Stasiun Kertapati di Palembang dan KA Ekspres Rajabasa (ekonomi) berangkat jam 08.30 WIB tujuan Stasiun Kertapati. selain itu juga terdapat KRDI Seminung dan Way Umpu yang melayani jalur Bandar Lampung-Kotabumi, Lampung Utara. Selain kereta penumpang juga terdapat kereta barang yang mengangkut Batu bara dan pulp dari Tanjung Enim.

Stasiun ini memiliki dipo lokomotif yaitu dipo induk Tanjung Karang, tempat lokomotif CC203 yang khas milik PT Tanjung Enim Lestari (TEL) dialokasikan. Selain itu juga menjadi "rumah" bagi lokomotif terbesar di Indonesia, CC202 dan CC205.
dipo lok TNK 2012 (CC201 87, CC201 129, BB200 14)
Stasiun ini memiliki 4 jalur utama, dengan 1 sepur lurus (jalur 2) serta 3 sepur belok yaitu jalur 1, 3, dan 4. Jalur 2 merupakan jalur untuk KA yang berjalan langsung serta BBR isian yang harus bersilang (karena BBR isian merupakan KA prioritas dan tidak boleh masuk sepur belok), jalur 3 dan 4 digunakan untuk pemberangkatan dan kedatangan KA penumpang dan peronnya sudah peron tinggi untuk mempermudah penumpang naik kedalam KA. Jalur 1 merupakan sepur belok panjang untuk bersilangnya KA barang, awalnya jalur 1 memiliki panjang jalur yang hampir sama dengan jalur 4, tetapi diperpanjang hingga ke rumah sinyal km 14 (pos C).
Oh ya, stasiun TNK juga tempat kedatangan maupun keberangkatan bus Damri dari dan ke Jakarta (Gambir), Bogor (pool bus Botani Square), dan Bandung, jadi untuk sahabat railfans yang menuju ke sub divre III.2 bisa turun di stasiun TNK dan langsung hunting deh :v
 
CC201 128r dan 137r di dipo TNK
Spot Menarik

Untuk sahabat railfans yang ingin hunting di stasiun ini, sama seperti kebanyakan stasiun besar lain di daop maupun divre yaitu orang tanpa tiket tidak bisa masuk ke stasiun ini. Tapi stasiun ini juga memiliki beberapa spot menarik kok, diantaranya adalah:
BBR isian difoto dari JPO
 JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) yang jaraknya hanya sekitar 100 meter dari bangunan utama stasiun. Apabila ingin ke JPO ini, dari bangunan utama menuju kearah selatan yang terdapat jalan diantara gudang dan bangunan stasiun tempat penjualan tiket Damri lalu lurus saja. JPO berada dipinggir jalan dan disebelah pagar stasiun. Dari JPO sahabat railfans bisa melihat dipo lok TNK dan dipo kereta TNK maupun area stasiun lainnya. 

CC203 TEL menarik KA 3008

Selanjutnya ada tiber (Tikungan Besar) TNK yang letaknya berada di sebelah selatan stasiun, setelah PJL 06. Agak sulit menuju tiber ini bila berjalan kaki dari stasiun TNK, karena harus memutar agak jauh melewati Pasar Bawah Ramayana. Setelah tiba di PJL 04 tinggal mengikuti rel menuju ke selatan beberapa puluh meter. Spot tiber ini cukup bagus untuk mengabadikan KA dari kedua arah, apabila dari arah TNK kita dapat memotret KA dengan background gedung-gedung di Tanjung Karang sedangkan apabila dari arah SKM terdapat sinyal masuk TNK.
KA 3007 melewati tiber TNK




 
KA 3008 melewati tikungan pos C TNK
Terakhir ada rumah sinyal pos C km 14, yang berada 1 km arah utara TNK yang merupakan perpanjangan jalur 1. Tracknya yang berupa tikungan cukup indah untuk mengabadikan KA yang melintas dengan background kota Bandar Lampung dan perbukitan yang mengelilingi kota. Apabila beruntung bertemu JRS (Juru Rumah Sinyal) yang baik, kita bisa diajak naik ke RS dan memotret KA dari atas.

KA 2727 pulp (pada saat itu) BLB di stasiun TNK
Nah itu dia penjelasan mengenai stasiun besar Tanjung Karang, yang bisa jadi referensi buat sahabat railfans yang ingin berkunjung ke Lampung. Sekian dulu ya, kita bertemu lagi di post selanjutnya dan salam S35.


Note: photos by Daffa Kurniawan Arief and Ahmad Akasyah

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Comments